Dikarenakan penulis baru saja melewati masa Ujian Tengah Semester
Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek , maka akan diposting beberapa soal
yang muncul untuk Program Jurusan Sistem Informasi Semester Dua di Universitas Gunadarma .
UTS PBO Jurusan Sistem Informasi
1.
Berikan 5 Kelebihan
Pemrograman Berorientasi Objek dibanding Pemrograman Terstruktur!
Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman Terstruktur
Lebih Fleksibel
|
Kaku
|
Untuk Jawaban Soal ini , Penulis mengarang indah
:P
2.
Gunakan If Else untuk
membuat program menghitung nilai sesuai dengan kriteria dibawah ini kedalam
class hitung_nilai !
Nilai diatas 90 , output “Grade = A”
Nilai diantara 81 hingga 90 , output “Grade = B”
Nilai dibawah sama dengan 80 , output “Grade = E”
public class hitung_nilai
{
if (nilai>90)
{System.out.println(“Grade = A”);}
Else if ((nilai>=81)&&(nilai<=90))
{System.out.println(“Grade = B”);}
Else if (nilai<=80)
{System.out.println(“Grade = C”);}
}
|
3.
Perhatikan ScriptCode
dibawah ini !
import
java.io.*;
public
class Pembelian{
String KodeBrg;
String NamaBrg;
int HrgSatuan;
int Jumlah;
double
TotalPembelian,DapatDiskon,TotalDiskon,HitungDiskon,Diskon;
public Pembelian()
{this.Jumlah=0; this.HrgSatuan=0;}
public void setKodeBrg(String
KodeBrg){this.KodeBrg = KodeBrg;}
public void setNamaBrg(String
NamaBrg){this.NamaBrg = NamaBrg;}
public void setHrgSatuan(int
HrgSatuan){this.HrgSatuan = HrgSatuan;}
public void setJumlah(int
Jumlah){this.Jumlah = Jumlah;}
public double TotalPembelian(){return
TotalPembelian=HrgSatuan*Jumlah;}
public double HitungDiskon()
{
if
((TotalPembelian>=750000) && (TotalPembelian<=1000000))
//jika totalpembelian seharga 750000-1000000
{Diskon=TotalPembelian*0.02;}
else if
(TotalPembelian>=1000000)
{Diskon=TotalPembelian*0.05;}
return Diskon;
}
public double Diskon()
{return Diskon;}
}
class UtamaPembelian{
public static void main (String args [])
throws Exception{
BufferedReader input = new BufferedReader ( new
InputStreamReader (System.in));
Pembelian a = new Pembelian();
System.out.println("MasukkanKodeBarang = " );
a.setKodeBrg(String.valueOf(input.readLine()));
System.out.println("Masukkan Nama Barang = ");
a.setNamaBrg(String.valueOf(input.readLine()));
System.out.println("MasukkanHargaSatuan = ");
a.setHrgSatuan(Integer.parseInt(input.readLine()));
System.out.println("MasukanJumlahBarang =");
a.setJumlah(Integer.parseInt(input.readLine()));
System.out.println("Total Pembelian = " +
a.TotalPembelian());
System.out.println("Informasi
:\"KodeBarang =" +a.KodeBrg+"\"");
System.out.println("
:\"Nama Barang =" +a.NamaBrg+"\"");
System.out.println("
:\"HargaSatuan =" +a.HrgSatuan+"\"");
System.out.println("
:\"JumlahBarang =" +a.Jumlah+"\"");
System.out.println("
:\"Total pembelian ="
+a.TotalPembelian()+"\"");
System.out.println("
:\"Total Diskon =" +a.HitungDiskon()+"\"");
}
}
1. Tuliskan nama class yang
akan digunakan dalam menyimpan script diatas.
- Pembelian
2. Tuliskan secara
lengkap source code bagian mana yang merupakan method dalam
sebuah class.
- class UtamaPembelian()
- public class Pembelian()
3. Tuliskan secara lengkap sourcecode bagian
mana yang merupakan konstruktor dalam sebuah class.
- public Pembelian()
4. Tuliskan penjelasan
fungsi return pada script diatas.
- Meminta Nilai Balik dari suatu method
5. Tuliskan penjelasan perbedaan
antara method yang menggunakan return value dan
tidak menggunakan return value seperti script diatas.
-
Jika menggunakan return tidak akan menggunakan kata kunci void , Jika
menggunakan void tidak akan mempunyai nilai balik
|
4.
Jelaskan pengertian
Method dengan Konstruktor !
Method adalah aksi berupa fungsi-fungsi yang
dilakukan oleh objek
Konstruktor adalah method yang memiliki nama yang sama dengan induk class nya namun tidak menggunakan kata “class” tersebut , contohnya : public class Pembelian , pada konstruktor menjadi public Pembelian
EmoticonEmoticon